Mandiri Debit Online: Transaksi Gagal? This is the Abracadabra

Sudah 3 bulanan saya memakai layanan Mandiri debit online, transaksi tidak selalu berjalan mulus. Kadang transaksi ditolak, atau eror di beberapa situs tertentu. Jika Anda mengalami hal yang sama, stay put, ada solusi untuk masalah ini.

Bagi Anda yang belum mengetahui layanan ini, Anda bisa memakai kartu debit Mandiri untuk melakukan transaksi online, layaknya kartu kredit. Tidak ada persyaratan khusus jika Anda ingin menikmati layanan debit online, cukup dengan mendaftarkan layanan sms banking. Lengkapnya bisa dibaca di halaman berikut:

Mandiri Debit eCommerce/Online

 

Kenapa Transaksi Bisa Gagal?

Semua penerbit kartu kredit di Indonesia diwajibkan untuk mengimplementasikan 3D Secure oleh Bank Indonesia. 3DS adalah singkatan dari 3 Domain Secure. Apa itu 3DS?

3DS atau 3 Domain Secure adalah perlindungan kartu kredit dimana yang bertanggung jawab adalah 3 pihak, yaitu acquiring bank (Bank yang mengambil uang), Issuing Bank (Bank yang menerbitkan kartu kredit) dan Payment Gateway & Merchant (Sistem yang memproses transaksi).

Sumber: id.techinasia.com

Apa Anda mengerti paragraf di atas? Jika Anda tidak mengerti, we’re on the same page.

Tapi saya mengerti cara kerjanya, karena sering melakukan transaksi online. Singkatnya, kita tidak hanya diminta CVV (3 angka unik dibelakang kartu) untuk verifikasi, kita juga akan diminta one-time password yang dikirim melalui sms. Password ini hanya valid dalam jangka waktu tertentu.

Tidak semua situs mendukung keamanan 3DS, ini alasannya kenapa transaksi Anda gagal. Jika Anda melihat ada logo VBV (Verified by VISA) di sebuah situs, transaksi Anda pasti sukses.

Menurut saya ini hal yang positif, artinya bank memperdulikan uang nasabahnya. Dengan 3DS, kartu debit tidak mungkin digunakan tanpa ijin pemilik.

 

 

Solusi Pertama – Gunakan Entropay

Apa itu Entropay? Anda bisa membuat kartu debit virtual dalam hitungan detik dengan Entropay. Sederhananya: Entropay adalah voucher belanja online yang bisa diisi dengan debit mandiri.

Orang-orang sono (Amerika) sering memakai Entropay untuk gambling di kasino online, karena mayoritas bank di Amerika tidak mengijinkan kartu kredit digunakan untuk gambling. Disini, banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online.

Bagaimana Cara Menggunakan Entropay?

Anda akan langsung mengerti setelah membuat akun Entropay. Anda akan mendapatkan kartu debit, hanya saja tidak ada bentuk fisiknya. Untuk funding, klik tombol Top-up. Lalu bayar dengan debit mandiri. Saat transaksi, masukan detil kartu Entropay. Pretty easy.

Bila tidak merasa aman, funding seperlunya. Tidak perlu mengendapkan uang di Entropay.

Transaksi menggunakan Entropay juga tidak selalu berhasil…

…Kenapa?! 🙁

Debit virtual Entropay hanya menyediakan nomor kartu, masa berlaku, nama, dan CVV. Dengan debit virtual Entropay, kita bisa menggunakan alamat (billing address) manapun saat belanja di salah satu situs.

Banyak situs yang menggunakan Address Verification System (AVS). AVS bukan hanya mendeteksi alamat yang dimasukan saat melakukan transaksi, lokasi jaringan yang digunakan saat transaksi juga dideteksi. AVS yang digunakan di situs-situs besar seperti Amazon, mendeteksi lokasi sampai dengan provinsi, bahkan (katanya) sampai kode pos. Ada kemungkinan transaksi Anda gagal jika kartu dibuat di Bandung, Anda order di Surabaya.

Debit virtual Entropay diterbitkan oleh Bank of Valletta yang berlokasi di Malta. Bila kita membayar dengan Entropay di situs yang menggunakan AVS, pembayaran akan ditolak.

Daftar situs yang pernah saya bayar dengan Entropay:

  • Netflix
  • Spotify
  • Google Adwords
  • Facebook Ads
  • Humblebundle
  • Amazon

Apabila sudah menggunakan Entropay masih gagal, let us move to the next step.

Next page >>

Sharing is a way to be less selfish.

Pages:

Posted in Tips dan Tutorial Seputar Internet and tagged , .

nolhui

Nolhui adalah seorang agen rahasia, pria, paruh baya.